Hey you, thank you!!!

Menuju pertengahan usia 20 ngomongin pertemanan tuh basi, gak sih? Karena menurutku sudah bukan waktunya lagi di usia ini untuk nyari temen, hangout ramean, rumpi ngomongin temen lain…well, masih, sih, tapi beda konteks.

Dulu pas masih SMP-SMA hal begituan masih wajar, banyak malah. Menganggap bahwa pertemanan adalah segalanya. Masih belum tahu tuh istilah toxic. Tapi sekarang seiring berkembangnya jaman dan usia, persepsi tentang teman telah banyak berubah. Saya rasa waktu kuliah hal tersebut sudah mulai menunjukkan pergeseran.

Mungkin memang benar, menjadi mahasiswa adalah waktu di mana remaja mulai berpikir logis tentang masa depannya. Pun pandangannya mengenai “teman”. Kalo engga sefrekuensi, ngapain masih diikutin. Kalau engga bisa saling support, mending cari lain. Yah begitulah kira-kira. Individualisme juga makin makin. Yaaa ibarat kata gabisa ndompleng-ndompleng lagi ke temen. Gabisa lakuin sendiri ya bye. Hahah lucu juga liat fenomena ini. Sewaktu lulus kuliah, isu ini makin berkembang. Di saya syukurnya hal tersebut engga terlalu terasa karena memang sudah nyaman dan terbiasa sendiri, bahkan sering lupa kalau punya teman, hedehh…..

Seketika waktu berjalan, saya menyadari hal yang teramat penting tapi sering luput dari pandangan orang. Ya, pertemanan ini. Bahkan bagi saya teman adalah hadiah dari Allah. Beneran deh, di samping uang, teman tuh harta yang berharga. Iya, di samping keluarga tentunya. Harta yang paling berharga adalah…. teman! Eitss hahahhahah. Ada pepatah juga bilang gini, “kalo kamu ada di deket orang jualan ikan, kamu pasti ikut bau amis. Kalo deket sama orang jualan parfum, ya kamu kecipratan wanginya”, clische but true!

 

Lalu, apakah teman yang demikian harus selalu bertemu?

hmm, bagi saya quality over quantity, sih. Qualitas gabisa ditawar! eh kualitas maksudnya hahah, hayo ngeh apa gak? 😝 Tapi bukannya pertemuan itu ga penting. Sekarang sekarang ini makin susah aja buat ketemu, karena korona juga, selain memang beda kota. Ya disyukuri aja, yang penting masih bisa komunikasi via WA sudah lebih dari cukup. Menurut saya lebih enak begitu, engga ada bosen. Jadi kalo ada waktu buat ketemu ya bisa berkualitas pertemuannya.

Ini yang versi saya, yah, “temanmu adalah cermin dirimu” alias pasti antara kamu dan temanmu ga jauh beda. Kalo kita pengen jadi orang yang bisa mendengar pasti nanti dikasih temen yang bisa mendengar keluh kesah kita juga. Simpelnya kaya gitu. Jadi ya, instead of nyari teman yang A B C D, baiknya rubah dulu kepribadian kita sesuai karakter teman yang pengen kita punya. Nanti perlahan-lahan Allah akan atur dengan cara menggerakkan semesta buat dekatkan dia (atau mereka) ke kita. Dan saya bersyukuuurrr sekali sudah didekatkan dengan teman-teman yang satu frekuensi dan satu tujuan, serta selalu dukung saya no matter what! dan tentunya nyalahin saya kalo saya memang ngelakuin hal yang salah. Pertemanan yang sehat, Alhamdulillah.

 

 

Hey, you! I don’t write your name here, but you know that I write about you. Thank you yah!💕

 

 

Kommentare