Bikin Sendiri Hand Sanitizer?

 
Sejak merebaknya virus Covid-19 di Indonesia terutama di Jawa Timur, isu sanitasi memang menjadi highlight tersendiri. Setelah banyak baca memang mencuci tangan pakai sabun adalah tindakan preventif yang cukup ampuh. Selain mencuci tangan pakai sabun, menggunakan hand sanitizer juga disarankan bagi mereka yang tidak bisa mencuci tangan secara langsung, bisa karena di jalan atau setelah menyentuh benda-benda yang berpotensi tertempel virus.

Saya sendiri sempat panik. Panik loh ya, bukan waspada. Sejak kerja dari rumah alias Work From Home (WFH) mulai Senin, 15 Maret lalu, rasa-rasanya bosen juga di rumah. Aktivitas ngajar, sih, jalan terus cumaaa aktivitas lain di luar itu kok ya minim sekali.

Beberapa hari lalu secara kebetulan Ammar posting sebuah poster bagaimana membuat hand sanitizer sendiri. Saya pun iseng buat ikut posting juga, eh direspon sama sepupu. “Ayo bikin, mbak,” katanya. Saya langsung iyain aja, karena penasaran juga. Kebetulan bahan-bahannya ada semua di rumah. Yang paling gampang, sedikit bahan, dan gak ribet ya bikin yang dari daun sirih. Hanya perlu direbus hingga keluar sarinya kemudian tunggu sampai dingin dan masukkan ke botol. Selesai deh! Ohya, untuk menambah aromanya saya tambah sedikit essensial oil. Taraaaa jadi deh!









Kommentare