Genap sebulan.


Genap sebulan tanggung jawab ini saya jalani. Berawal tanpa ada niatan, dilakukan karena keterpaksaan dengan dalih sebagai batu loncatan, nyatanya ini malah bikin nyaman.



Pengajar adalah pekerjaan yang sangat-sangat saya hindari sejak kecil. Saya pikir saya tidak akan sanggup mengemban tugas macam mendidik, membimbing, dan segala hal tentangnya. Meski orang tua sempat ingin saya jadi guru (yang tentunya jangka panjangnya jadi PNS) tapi saya tidak gentar untuk tetap teguh pendirian “Gaaaakkk pokoknya gamau jadi guruuuu”. Hehehe lucu juga kalo dingat-ingat, ternyata saat ini malah dipanggil Frau. Mungkin, diam-diam mereka selalu mendoakan saya untuk jadi guru, hmm entahlah.

Genap sebulan saya jadi pengajar. Anehnya, makin hari saya makin nyaman dengan pekerjaan ini. Kesulitan-kesulitan yang saya temui selalu ada jalan keluarnya, setidaknya sampai hari ini, baik teknis maupun nonteknis. Saya jadi heran sendiri, kok seakan-akan segala hal jadi lebih mudah ya. Mulai dari transkrip hören, materi, sampai pertanyaan-pertanyaan dari siswa sejauh ini saya masih bisa atasi. 

Genap sebulan panggilan ‘Frau’ tersemat di depan nama saya. Awalnya? Oh tentu tidak ikhlas. Merasa tidak percaya diri, hahaha. Karena ya.. seumur-umur saya tidak pernah ngajar bahasa jerman (yang dibayar) mentok palingan cuma ngajar Sprechstunde (bahasa jerman untuk mahasiswa baru). Apalagi ketika tahu muridnya semakin banyak, udah deh kumat overthinkingnya gak ilang-ilang takut gak bisa handle. Tapiiiii jalan sebulan ngajar ternyata yang selama ini ditakutkan tidak terjadi, oh syukur alhamdulillaah hehe. 

Genap sebulan jadi ‘ibunya siswa’. Siswanya sih udah besar, ya, bahkan melebihi usia saya, hihi. Sempat takut salah bersikap tapi ternyata kedewasaan dan kewibawaan itu alamiah datangnya. Dari yang awalnya menggerutu dipanggil Frau, sekarang malah bangga. Apalagi ketika lihat mereka mulai bisa pakai bahasa jerman di sela-sela ngobrol. Kosa katanya makin banyak, dan tentu makin nyambung diajak komunikasi pakai bahasa jerman. Duhhhh terharuuuu, bahkan sesederhana mendengar mereka diskusi tentang bahasa jerman saat makan siang. Sesederhana ini ya ternyata bahagia :))

Pelan-pelan pintu lain mulai terbuka. Kesempatan lain mulai datang. Siswanya jadi random usianya, dari yang hampir kepala 3 jadi nambah usia 10 tahun-an. Waktu pengen ngeluh, kembali diingatkan "Coba deh bayangin kamu jadi orang tua yang lagi mendidik anak. Itung-itung ini latihan jadi ibu beneran, kan? Ingat ya, jangan bandingin sama anak lain, kita gak tau efeknya bakal segimana dalemnya buat si anak." Ah, Zaza, bersyukurnya punya temen pendidik tulen, hehe.  



Sekarang saya tahu, menjadi pengajar sekaligus pendidik adalah panggilan hati, dan pekerjaan paling enak adalah pekerjaan yang bikin hati senang dan merasa ketagihan di setiap harinya. Agak klise sih, “emang ga butuh duit banyak?” Ya butuh, tapi kalau batinnya tersiksa meskipun duit melimpah, sama aja kasihan mentalnya, kan? 

Kommentare