Bukit Jaddih, Eksotis Tersembunyi di Ujung Madura

Madura – pulau yang terletak di sebelah utara kota Surabaya ini memang tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan, terlebih untuk mereka yang penasaran akan keindahan Bukit Jaddih. 

Bagaimana sih akses menuju lokasi ?

Lokasinya cukup mudah dijangkau, yaitu sekitar 10km dari pusat kota Bangkalan. Bukit Jaddih terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Terdapat dua akses untuk menuju lokasi, yaitu darat dan laut. Namun bagi anda yang belum pernah mengunjungi Pulau Madura, sangat dianjurkan untuk menggunakan jalur darat, khususnya kendaraan pribadi karena lokasinya berada di kawasan pemukiman warga yang susah dijangkau oleh transportasi umum. Selain karena tidak naik-turun kapal, anda juga dapat menikmati keindahan pulaunya saat melewati jembatan Suramadu. Setelah sampai di pulau Madura, anda akan disambut ramah oleh warga yang tengah beraktifitas. Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke lokasi wisata ini, jangan khawatir. Karena anda akan dengan mudah menemukan petunjuk jalan menuju lokasi. Jangan pernah ragu untuk berkomunikasi dengan warga meskipun hanya sekedar menanyakan jalan, karena hal itu bisa saja menjadi poin tambahan untuk wisata anda.

Sesampainya di sana, apa saja yang dapat dilakukan ?

Pertama tama, temukan lokasi parkir yang pas. Karena area Bukit Jaddih yang berupa bukit kapur akan menyulitkan anda untuk memarkir kendaraan. Biaya parkir pun terbilang murah, tak lebih dari Rp 5.000. Masuk ke area ini pun tak dikenakan biaya. Setelah itu, silahkan berkeliling ke seluruh area Bukit Jaddih. Anda bisa berfoto-foto ria atau hanya sekedar menikmati suasana. Di area bawah, terdapat kolam yang airnya berwarna biru, sungguh indah dipandang mata. Tak hanya itu, anda juga bisa berkeliling menggunakan sampan atau gethek dengan hanya membayar Rp 10.000. Kolam ini bernama “Goa Poteh” yang dalam bahasa Indonesia berarti gua putih. Kolam ini bukan secara alami terbentuk, melainkan bekas tambang warga sekitar yang kemudian keluar mata air.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Bukit Jaddih?

1. Waktu
Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bukit Jaddih adalah pagi dan sore hari. Anda akan mendapatkan pemandangan yang  luar biasa cantik.

2. Peralatan yang dibawa
Tak ada salahnya anda berkunjung di siang hari, namun jangan lupa untuk membawa kacamata dan sunblock karena di siang hari matahari sedang terik-teriknya. Pastikan juga handphone dan kamera sudah terisi penuh, karena mengabadikan momen adalah kegiatan wajib saat berkunjung ke wisata ini.

3. Keamanan
Anda perlu waspada dan berhati-hati, karena bukit ini masih aktif dengan kegiatan tambang warga sekitar. Oleh sebab itu banyak kendaraan berat yang keluar masuk area ini. Selain itu, tak ada salahnya anda berhati-hati terhadap tindak kejahatan. Karena tempat wisata biasanya rawan dengan tindak kejahatan. Bukan berburuk sangka, tapi tidak ada salahnya kan untuk lebih berhati-hai? 

Jadi, bagi anda yang sedang bertandang ke Pulau Madura, wajib untuk mengunjungi wisata yang sedang naik daun ini. Akses dan fasilitasnya terbilang masih belum memadai, oleh karena itu perlu campur tangan pemerintah untuk mengolahnya dan menjadikannya sebagai tujuan wisata favorit. Ditambah lagi dengan promosi yang mantab, hualaaaa dijamin turis mancanegara akan berbondong-bondong untuk datang  :D
Tak lupa, saya sertakan pula beberapa foto pribadi supaya anda semakin tertarik.
-Selamat Berlibur -





Kommentare